Welcome to Karangasemkab.go.id

Parade Budaya Karangasem Diikuti Ribuan Peserta Seniman


Untuk kedua kalinya Pemkab Karangasem kembali sejak tahun 2013 lalu menggelar Pawai/Karnaval (Parade Budaya Karangasem) serangkaian memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-69, Sabtu (23/8) belum lama ini. Start di GOR Gunung Agung Amlapura melintasi Jalan Untung Surapati dan finish di sebelah timur Tugu Pahlawan Ciung Wanara. Parade Budaya kali ini diikuti ribuan peserta seniman dengan menampilkan berbagai seni tradisi yang terdapat pada setiap desa perwakilan dari delapan kecamatan di Kab.Karangasem.

Parade budaya dengan menampilkan delapan kesenian yang berbeda di masing-masing kecamatan, dan tiga kesenian pendukung seperti Adhi Merdangga, Baleganjur Wanita Sanggar Sundari Gading Amlapura dan Marching Band Universitas Udayana. Parade Budaya yang menampilkan berbagai kesenian mengundang semangat dari pencinta seni maupun masyarakat yang melimpah ruah memadati GOR Gunung Agung Amlapura.

Selengkapnya

   

“SEMPOL” ANJING LOKAL MENJADI JUARA I LOMBA PARADE DAN PEMILIHAN ANJING SEHAT TAHUN 2014

 


Lomba Parade dan Pemilihan Anjing Sehat Kab.Karangasem Tahun 2014 diikuti oleh 65 peserta yang ditampilkan di areal pementasan Anjing sehat dan diikuti juga dengan 18 spronsor yang mendukung kegiatan yang dimotori oleh Dinas Peternakan Kelautan dan Perikanan Kab.Karangasem. Peserta lomba kali ini memperebutkan Piala Bupati Karangasem, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan. Lahir sebagai Juara I yaitu I Nyoman Sudana Yasa asal Desa Bungaya dengan anjing lokalnya yang diberi nama “Sempol”, Juara II didapat Ida Bagus Agung dengan anjing Goldennya yang diberi nama “Ladies”, dan juara III didapatkan oleh I Ketut Master asal Perumnas dengan anjing Shih-Tzu yang diberi nama “Odori”. Para pemenang lomba berhasil menyisihkan 65 peserta dengan berbagai jenis anjing yang dilombakan.

Dalam rangka menyambut dan mengisi HUT RI ke-69, Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem melalui Dinas Peternakan Kelautan dan Perikanan Kab.Karangasem menyelenggarakan Lomba Parade dan Pemilihan Anjing Sehat yang dibuka langsung oleh Bupati Karangasem I Wayan Geredeg bertempat di Stand Pameran Dinas Peternakan Kelautan dan Perikanan Kab.Karangasem Stadion Amlapura.

Selengkapnya

   

PIODALAN DI PURA PRAJAPATI HYANG ALUH BESAKIH Bupati Geredeg Tanam Pohon Nagasari


Bertepatan Hari Anggara Kasih Kliwon Wara Perangbakat    Selasa, (19-8-2014) dilaksanakan Piodalan  di Pura Prajapati Hyang Aluh Besakih dipuput 3 sulinggih masing-masing Ida Pedanda Istri Rai dari Geria Gunung Biau Desa Muncan Kecamatan Selat, Ida Pedanda Gede Pasuruan dari Geria Kawan Sibetan Bebandem dan Ida Pedanda Gede Jelantik Dwaja dari Geria Dauh Pasar Budakeling.

Upacara piodalan menggunakan kelengkapan Catur Rebah dengan pecaruan tingkatan manca sato, serta kelengkapan suci,  pejatian, dihadiri  , Bupati Karangasem I Wayan Geredeg  dan  sejumlah Pimpinan SKPD  terkait serta  para bakta umat Hindhu pengempon pura dari Pemaksan Batumadeg. Menurut penjelasan Jro Mangku Mara, Pura Prajapati Jagat Hyang Aluh Besakih diempon 260 krama Pemaksan Batumadeg yang memiliki tanggung jawab emponan pada 3 palebahan Pura masing -masing   Pura Peninjoan, Batumadeg dan Prajapati Jagat. Dijelaskan, Ida Betara Dewi Durga yang distanakan di pura hulun setra Prajapati Jagat BaliHyang Aluh merupakan tempat umat Hindhu melaksanakan ritual terkait permohonan anugrah keselamatan dan kesentosaan umat.

Selengkapnya

   

KWT MEKAR PERTIWI MEMANFAATKAN PEKARANGAN RUMAH UNTUK MEMPRODUKSI SAYURAN SEHAT. Oleh : I Putu Eka Budi Antara,S.P.

Sayur di pekaranagn rumah Gst.A.A Alit Arini

Sayur merupakan jenis makanan penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan. Hampir setiap hari kita mengkonsumsi sayur, akan tetapi kita jarang memanfaatkan pekarangan rumah guna memproduksi sayur sendiri. Padahal sayur-sayuran yang kita beli di pasaran belum tentu sehat jika dikonsumsi karena tingginya kandungan  insektisida atau zat-zat kimia yang masih melekat yang dapat membahayakan tubuh kita.


Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Pertiwi, telah mampu memanfaatkan pekarangan rumah anggota kelompoknya guna memproduksi sayur-sayuran sehat yang bebas dari zat kimia atau yang lebih dikenal sayur organik. KWT Mekar Pertiwi yang beralamat di Banjar Linggasana, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem dengan jumlah anggota 25 orang mulai membudidayakan tanaman sayur-sayuran di pekarangan rumah pada bulan mei tahun 2012.


Selengkapnya

   

Page 1 of 4

  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  Next 
  •  End 
  • »

Profil Pimpinan

KALENDER

Augustus 2014
MSSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

WEBMAIL

LPSE

E-MAJALAH

JAPAN CORNER

Link