Baca Pariwisata

Nasi Sela

Dibaca : 1771 Pengunjung

Salah satu kuliner yang khas dari daerah Karangasem adalah Nasi Sela. Nasi séla adalah makanan khas karangasem yang berisi campuran nasi putih dan cacahan ubi berukuran kecil-kecil. pada tahun 1970-an Nasi Sela sempet populer dan menjadi makanan pokok masyarakat setempat karena pada saat itu beras sangat langka di Bali, hal tersebut menyebabkan sela (ketela/ubi) menjadi alternatif bahan campuran nasi, gaplek atau bahan makanan lain untuk menambah volume.

Nasi séla yang mulanya merupakan makanan “pertahanan di masa krisis”, menjadi hidangan yang begitu menggugah selera. Banyak wisatawan yang gemar makan nasi sela ini. Baik itu wisatawan yang asia maupun eropa. Bahkan nasi sela memiliki kandungan gizi yang lebih baik daripada sekedar nasi putih biasa.

Nasi Sela merupakan makanan yang khas dari daerah Karangasem, namun anda juga dapat menemukan nasi sela di daerah lainnya di Bali. Keunikan nasi sela adalah rasanya yang khas dengan perpaduan nasi, sela (ketela/ubi), yang dicampur dengan varian lainnya.

Adapun dewasa ini nasi sela telah mengalami variasi pengolahannya, dimana biasanya nasi sela di campur dengan jukut (sayur) bejek, ada grago (udang kecil kecil), kacang tanah, jukut atau sayur bejek bumbu kalas (santan, daging, base gede) sambal bongkot, dan ayam betutu yang disuwir.

Selain varian tersebut nasi sela juga dicampur dengan lauk ayam betutu, sate kulit ayam, pindang tongkol, urab sayur kacang panjang berisi timun dan kacang merah, , pesan celengis, sambel matah, dan sambal teri. Tentu saja dengan campuran tersebut semakin menggugah selera makan anda.

Salah satu yang masih melestarikan nasi sela adalah Nengah Sukerti. Mantan anggota DPRD Karangasem ini telah menjalani bisnis nasi sela selama kurang lebih 15 tahun. Ia sangat gencar mempromosikan nasi sela kepada kalangan wisatawan mancanegara. Menurutnya rasa nasi sela tak kalah dengan makanan kelas atas lainnya.

Jika anda tertarik ingin mencoba nasi sela, anda bisa berkunjung ke warung Ibu Nengah Sukerti yang berada tepat di depan RSUD Karangasem. Nama warungnya adalah “Warung Mek Luh”. Selain nasi sela disana juga menyajikan makanan khas Bali lainnya.


Dibaca : 1771 Pengunjung


Pariwisata Lainnya :



140x140

Bupati
Karangasem
I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos, MAP

140x140

Wakil Bupati Karangasem
I Wayan Artha Dipa, SH, MH

Galeri
Banner
Kritik Saran

Edy

2017-04-12 14:08:37

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

Selengkapnya...

Komang Wijanegara SE.MM

2017-04-11 10:26:56

Mohon perhatian dan bantuan Pemda Karangasem

Selengkapnya...

I Komang Yogantara

2017-03-31 14:10:39

Perbaikan jalan

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Hits : 2059025

Pengunjung Online: 23