Baca Berita

DISKOMINFO GANDENG STIKOM BALI RANCANG KEBUTUHAN IT DILINGKUP PEMKAB. KARANGASEM

Oleh : | 16 Mei 2017 | Dibaca : 75 Pengunjung

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karangasem mengandeng Lembaga Pendidikan Sekaolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Bali dalam merancang kebutuhan implementasi IT dilingkungan Pemkab Karangasem. Komitment tersebut muncul setelah dilakukan pertemuan (16-5-20170) di Diskominfo Karangasem dihadiri Ketua STIKOm Bali Drs. Dadang Hermawan, Ak, MM dan Ketua Yayasan Widya Dharma Santi Drs. Ida Bagus Dharma Diaksa, M.Si, Ak didampingi Direktur Kerjasama dan Humas STIKOM Bali I Made Sarjana, SE, MM dan 4 tenaga ahli IT STIKOM Bali. Sementara Kadiskominfo Ir. I Komang Pande Ardita, MM didampingi Sekdis Dra. Ni Made Prahastuti, Kabid Pengelolaan Sistim Data Elektronik I Nyoman Wage, SH dan 3 orang tenaga skil IT Diskominfo.

Menurut Kadis Ir. I Komang Pande Ardita, MM, kebutuhan akan IT didalam menunjang kinerja birokrasi dilingkungan Pemkab. Karangasem dewasa ini sudah tidak bisa ditawar lagi. Bahwasanya ketertinggalan dalam mengakses peran IT, diakuinya, Karangasem masih tertingal jauh dengan daerah lain, selain karena alasan finansial semata dimana Karangasem masih sangat terbatas dalam kepemilikan anggaran untuk perencanaan bidang IT, juga kemampuan SDM masih relatif rendah.

Dikatakan, kita tidak ingin mengembangkan infrastruktur IT yang terlampau bombastis, namun cukup menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan daerah untuk tahap awal dan mampu dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya sehingga pada gilirannya seluruh software yang dikehendaki bisa diwujudkan. Ia mengharapkan STIKOM bisa membantu menyiapkan konsep kerjasama sesuai landasan Master Plan yang sudah pernah dimiliki Karangasem dan memperhitungkan kebutuhan riil yang relevan.

Ketua STIKOM Bali Drs. Dadang Hermawan, Ak, MM,  mengatakan, STIKOM Bali sebagai lembaga pendidikan wajib melakukan kerjasama dengan Pemerintah Daerah, selain sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi juga turut serta dalam pemberdayaan potensi daerah dibidang SDM. Hal ini dibuktikan dengan mendirikan SMK TI Global di Karangasem untuk membantu generasi muda melek IT sehingga siap masuk ke dunia kerja.

Ketua Yayasan Widya Dharma Santi STIKOM Bali Drs. Ida Bagus Dharma Diaksa, M.Si, Ak mengatakan, Karangasem merupakan Kabupaten potensial untuk bisa mengembangkan fasilitasi IT dalam mendorong kebangkitan potensi daerah. Karangasem cukup kaya dengan potensi pariwisata, budaya unik, potensi agro yang khas, kerajinan dan kuliner sehingga sangat layak ditawarkan untuk wisatawan.  Bahkan Karangasem dikenal dibidang spiritual karena memiliki Besakih (The Mother Temple), maka tidak salah Karangasem mengusung tagline Karangasem the Spirit of Bali, sehingga layak menjadi inspirasinya Bali. Jika IT hadir di karangasem dimanfaatkan birokrasi maka kemajuan Karangasem sudah bisa  diprediksi bakal menjadi salah satu pilar pembangunan Bali yang signifikan.

Direktur Kerjasama dan Humas Stikom Bali I Made Sarjana, SE, MM menyebutkan, sangat penting Karangasem mengadopsi kemajuan IT untuk membantu percepatan dan kemudahan pelayanan masyarakat untuk bisa menjadi smart people sebelum menjadi smart goverment. Pada tahap awal karangasem perlu memetakan /inventarisasi aplikasi yang ada di setiap OPD sehingga bisa dianalisa kemungkinan melakukan integrasi dengan konsep satu data base. Namun sebelum itu tim STIKOM perlu mempelajari Master Plan yang sudah ada,  untuk dikembangkan menjawab berbagai kebutuhan baru yang dikehendaki.

Pada tahap awal rencananya akan ditempuh langkah-langkah antara lain Mempelajari Master Plan, menyusun MOU, Mempelajari Aplikasi yang hendak diintegrasikan, Melakukan pelatihan SDM dan program lain yang dipandang dibutuhkan.

Sekdis Dra. Ni Made Prahastuti mengaku baru sekarang berhasil menjalin kerjasama dengan lembaga perguruan tinggi yang sudah lama diimpikan. Meski demikian, dibanding tidak berbuat untuk masa depan wajah IT Karangasem kerjasama ini dirasakan sangat bermanfaat. Ia mengharap kedepan bisa ditindaklanjuti dalam bentuk MOU dan eksekusi dalam bentuk program kegiatan yang bisa dibiayai melalui APBD setiap tahun. Sebelumnya seluruh konsep kerjasama ini akan dilaporkan kepada pimpinan untuk memperoleh dukungan dan dijabarkan dalam kegiatan Pemkab Karangasem baik melalui Diskominfo sebagai liding sektor yang mengemban misi elektronika dan OPD lain yang membutuhkan berbagai sistem aplikasi. (Diskominfo/Manwa)


Oleh : | 16 Mei 2017 | Dibaca : 75 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



140x140

Bupati
Karangasem
I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos, MAP

140x140

Wakil Bupati Karangasem
I Wayan Artha Dipa, SH, MH

Galeri
Banner
Kritik Saran

Edy

2017-04-12 14:08:37

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

Selengkapnya...

Komang Wijanegara SE.MM

2017-04-11 10:26:56

Mohon perhatian dan bantuan Pemda Karangasem

Selengkapnya...

I Komang Yogantara

2017-03-31 14:10:39

Perbaikan jalan

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Hits : 2045252

Pengunjung Online: 5