Baca Berita

KTNA Karangasem Ikuti Bimtek Persiapan PENAS XV 2017

Oleh : | 17 Maret 2017 | Dibaca : 253 Pengunjung

Sebanyak 30 orang anggota KTNA se Kabupaten Karangasem ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di P4S Br. Dinas Palak, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Bimtek  ini diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Karangasem dengan tujuan mematangkan persiapan peserta PENAS XV KTNA tahun 2017 yang akan diselenggarakan di Aceh pada tanggal  6 s.d 11 Mei 2017.

Bimtek dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 16 s.d 17 Maret 2017. Hari pertama disampaikan beberapa teori antara lain kebijakan umum pembangunan pertanian, jaringan informasi anggribisnis, teknologi pengolahan kopi, budidaya tanaman anggrek dan teknis budidaya itik. Hari kedua dilaksanakan praktek antara lain praktek mengeluarkan bibit anggrek dari botol, praktek pengolahan kopi dan praktek penentuan jenis kelamin anak itik.

Kepala Seksi Pembibitan dan Produksi Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Karangasem, I Wayan Degdeg memandu jalannya praktek penentuan jenis kelamin anak itik. Menurut Degdeg ada tiga cara sederhana untuk dapat mengetahui jenis kelamin anak iti yaitu melalui HBV (Hand sexing, Bend sexing dan Voice sexing). Hand sexing adalah cara menentukan jenis kelamin itik dengan memegang dan melihat bagian anus/dubur/kloaka. Pegang itik dengan tangan kiri, punggung ke arah bawah serta tangan kanan membuka dubur. Jika ada tonjolan runcing warna putih seperti akar kecambah maka itu jantan, sedangkan apabila tidak ada maka betina. Bend sexing adalah cara membedakan kelamin itik dengan melihat gerak-gerik itik. Apabila jantan kepala lebih besar, badan lebih besar, warna bulu gelap, gerakan lebih tenang, bulu kepala kasar panjang, paruh runcing gelap melengkung, sedangkan yang betina kebalikannya. Voice sexing adalah cara menentukan itik jantan betina dengan mendengar suaranya. Pegang itik dan tekan bagian pangkal leher di dekat tembolok. Jika suara serak maka jantan dan jika melengking nyaring berarti betina.

Selama dua hari pelaksanaan Bimtek peserta sangat antusias mengikuti kegiatan, di setiap materi selalu ada diskusi yang hangat mengenai materi yang disampaikan. “Saya senang dan antusias mengikuti bimtek ini, bimtek ini sangat bermanfaat guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kita” ungkap salah satu peserta, Budiarta(52) yang berasal dari Dusun Tanah Ampo, Kecamatan Manggis.

Dengan adanya Bimtek ini diharapkan 30 orang peserta PENAS XV Aceh yang berasal dari Kabupaten Karangasem semakin bertambah pengetahuan dan keterampilannya sehingga benar-benar siap untuk mengikuti kegiatan Penas. Eka/PPL Kab. Karangasem


Oleh : | 17 Maret 2017 | Dibaca : 253 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



140x140

Bupati
Karangasem
I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos, MAP

140x140

Wakil Bupati Karangasem
I Wayan Artha Dipa, SH, MH

Galeri
Banner
Kritik Saran

Edy

2017-04-12 14:08:37

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

Selengkapnya...

Komang Wijanegara SE.MM

2017-04-11 10:26:56

Mohon perhatian dan bantuan Pemda Karangasem

Selengkapnya...

I Komang Yogantara

2017-03-31 14:10:39

Perbaikan jalan

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Hits : 2058970

Pengunjung Online: 19